Friday, 30 October, 2020

PROFIL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Visi Prodi

Sebagai Program Studi Pendidikan Agama Islam yang berkualitas dan dapat mencetak tenaga pendidik Agama Islam yang kompeten, inovatif, produktif dan kompetitif di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, publikasi ilmiah dan agama yang berhaluan ahlussunnah wal jamaah.

MISI

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan Agama Islam berbasis kurikulum yang integratif dan transformatif dan pembelajaran yang dinamis, kreatif dan produktif, sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan paedagogis, profesional, sosial, dan berkepribadian Islami.
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian Pendidikan Agama Islam yang aktual, objektif, dan inovatif, sehingga menghasilkan penelitian yang transformatif dan kompetitif di tingkat lokal, regional, nasional dan internasional.
  3. Menyelenggarakan dan mengembangkan pengabdian masyarakat terapan dan by research yang berkualitas dan professional dalam bidang Pendidikan Agama Islam, sehingga menciptakan pengabdian yang dedikatif, ilmiah dan produktif.
  4. Membiasakan dan mengembangkan nilai-nilai dan tradisi ke-Indonesia-an dan ke-Islaman menurut faham Ahlussunnah wal jamaah baik pada aspek aqidah, syari’ah, maupun tasawuf dalam Pendidikan Agama Islam.
  5. Menyelenggarakan tata kelola program studi, pelayanan akademik dan non akademik serta sistem penjaminan mutu prodi yang bermutu, demokratis, transparan, dan akuntabel.
  6. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas dan kinerja Program Studi Pendidikan Agama Islam.

TUJUAN

  1. Menyiapkan tenaga pendidik PAI yang memiliki kompetensi akademik, pedagogik, sosial, berkepribadian Islami dan profesional, yang akan bekerja di lingkungan sekolah, madrasah, dan lembaga pendidikan dan pelatihan.
  2. Menyiapkan tenaga pendidik PAI yang memiliki kompetensi penelitian yang komprehensif, profesional dan inovatif, sehingga menghasilkan penelitian yang transformatif dan kompetitif di tingkat lokal, regional, nasional dan internasional.
  3. Menyiapkan tenaga pendidik PAI yang selalu mengabdi pada masyarakat dengan melalui terapan dan by research, sehingga menciptakan pengabdian yang dedikatif, ilmiah dan produktif.
  4. Menyiapkan tenaga pendidik PAI yang selalu menjaga, melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai dan tradisi ke-Indonesia-an dan ke-Islaman menurut faham Ahlussunnah wal jamaah baik pada aspek aqidah, syari’ah, maupun tasawuf.
  5. Terjalinnya kerjasama dan jaringan di tingkat lokal, regional, nasional dan internasional untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, publikasi ilmiah di bidang Pendidikan Agama Islam serta kegiatan akademik lainnya yang berorientasi pada pengembangan dan enterpreneurship.